Resume yang memperlihatkan potensi Anda sangatlah utama.
Menurut sebuah survei baru oleh Right Management, 86 persen karyawan
yang mengikuti jajak pendapat mengatakan mereka merencanakan untuk
mencari pekerjaan baru pada tahun 2013 – pertambahan 26 persen poin
sejak tahun 2009.
“Akan ada kenaikan pencarian pekerjaan dari Januari hingga Maret ketika
resolusi Tahun Baru dibuat. Bahkan akan makin tinggi tahun ini karena
banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan dan banyak karyawan
yang kembali mempertanyakan posisi mereka saat ini,” kata Amanda
Augustine, pakar pencari pekerjaan dari TheLadders, sebuah jasa
pencarian pekerjaan online.
Meski Desember biasanya tak banyak terjadi wawancara dan pengangkatan
karyawan, Augustine mengatakan para pencari kerja bisa menggunakan waktu
untuk merefleksi, mempersiapkan diri, dan bersiap mencari kontak. Nah
jika Anda menjadi bagian dari mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan
baru pada tahun 2013, berikut lima tips yang bisa mengantarkan Anda
mendapatkan pekerjaan.
1. Sewa penulis resume profesional
Para pencari kerja 40 persennya cenderung akan diperhatikan ketika
resume-nya ditulis secara profesional. Sayangnya kebanyakan kandidat
tidak memikirkan untuk meminta bantuan jasa penulis profesional. “Sangat
sulit menjadi objektif ketika Anda bicara tentang kehidupan Anda
sendiri, dan karenanya lebih baik mendapatkan orang yang objektif yang
mengetahui sejumlah istilah dalam dunia pekerjaan secara tepat,” kata
Augustine.
2. Sering-seringlah mencari nama Anda di Google
Dari survei para pencari kerja, lebih dari 35 persen orang mencari
namanya sendiri di Google sekali dalam setahun, dan 16 persen tidak
pernah mencari namanya sendiri. Augustine mengatakan kehadiran digital
seorang kandidat menjadi sangat penting untuk secara konsisten memonitor
hasil pencarian tentang Anda dan sekaligus menyesuaikannya dengan citra
profesional Anda. Ini berarti Anda harus merevisi profil Anda, dan
merevisi pengaturan privacy di situs media sosial personal Anda.
3. Memahami empat situs sosial ternama
Augustine mengatakan sangat penting untuk memiliki pemahaman dasar
tentang empat situs paling banyak dikunjungi saat ini, yaitu Twitter,
Facebook, LinkedIn, dan Pinterest. Tidak hanya membantu untuk riset dan
membentuk jaringan, situs-situs ini juga bisa membangun label
profesional Anda. Berbagilah berita-berita tentang industri yang relevan
dengan pekerjaan Anda untuk memperlihatkan pengetahuan dan kemampuan
Anda.
4. Carilah peran Anda
Kehadiran secara personal dan online adalah penting. Riset
memperlihatkan bahwa orang menilai kompetensi dan kepercayaan Anda dalam
seperempat detik dari saat pertama kali memandang Anda. Karena perekrut
dan manajer SDM cenderung melihat foto Anda lewat online sebelum
memanggil Anda untuk wawancara, Augustine merekomendasikan untuk
memperbarui semua profil media sosial Anda dengan format foto headshot yang profesional.
5. Jadilah pengguna ponsel cerdas
Menurut 75 persen responden, memiliki ponsel cerdas bisa mendatangkan
pengaruh positif bagi pencarian kerja Anda. “Teknologi mobile menjadikan
Anda menjadi lebih responsive dan bisa mendatangkan keuntungan dalam
pencarian kerja,” kata Augustine. Ia menganjurkan untuk menyimpan
salinan resume Anda di ponsel Anda, sehingga Anda bisa dengan cepat
mengirimkannya ke perusahaan yang potensial.
Berita Terkait :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar